Cara Mengembalikan File Data Pada Memori Card Yang Terformat

Setelah beberapa minggu terakhir vakum, kali ini kita kembali membahas bagaimana cara mengembalikan file-file data berupa gambar atau photo, Video, Musik, atau file data penting dalam bentuk dokument ms excel, ms word dan sejenisnya, yang hilang/terhapus akibat memori card atau hardisk penyimpanan kita terformat tanpa disengaja.

Jika hal itu terjadi tidak usah risau, karena kita hanya membutuhkan sebuah Software yang bisa merecovery atau mengembalikan data file yang hilang/terhapus dari memori penyimpanan seperti hardisk, flashdisk, mmc card atau kartu memori yang lainnya.
Seperti apa caranya langsung saja :

Yang pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja nyalakan komputer anda.
Untuk memori Card sebaiknya gunakan card reader, dan pastikan sudah terpasang dengan benar.
Jika belum punya kita harus menginstal Software Recuvanya dulu, pilih bahasa indonesia biar lebih mudah dimengerti saat menjalankan nya nanti.

Setelah berhasil terinstal selanjutnnya buka atau jalankan, jika sudah terbuka centang pada "Do not show this wisard on starup" kemudian klik "Next" umtuk melanjutkan.
Centang file-file yang ingin anda kembalikan/pulihkan, centang "All Files/Semua File" jika ingin mengembalikan semua file lalu klik "Next/Seanjutnya"

Pada form selanjutnya seperti gambar dibawah, centang "In spesific Location/Dilokasi tertentu" kemudian klik "Browse" pilih penyimpnan disk yang ingin direcovery atau dikembalikan datanya, klik "Ok" lanjutkan dengan menglik "Next/Selanjutnya"


Pada form selanjutnya centang "Enable Deep Scan/Aktifkan Pemindaian Mendalam" kemudian klik "Star/Mulai" untuk memulai pencarian atau scan recovery, selnjutnya anda harus bersabar menunggu karena lama proses tergantung pada besarnya atau banyaknya file pada disk tersebut.

Jika beruntung maka semua file data yang pernah tersimpan pada disk atau memori card anda akan kembali. tapi mungkin ada sebagian data file yang tidak bisa dibuka yang diakibatkan oleh virus dan beberapa faktor lain.

Setelah proses selesai akan muncul semua daftar file data yang disertai dengan indikator tanda berbentuk bulatan berwarna "Hijau" untuk file yang masih bisa dikembalikan atau dipulihkan, sedangkan pada file data yang tidak bisa dipulihkan akan ditandai dengan bulatan berwarna "Merah".
Centang untuk memilih file-file mana yang akan dikembalikan, atau jika tidak mau repot centang saja semua, klik "Recover/Pulihkan" kemudian pilih dimana anda akan menempatkan file-file tersebut, tapi sebaiknya simpan dulu sementara pada disk komputer anda, agar mudah menemukannya, buatlh folder baru dengan menglik "Make New Folder" klik "OK" untuk menyimpan, lagi-lagi anda harus bersabar menunggu proses berjalan.


Jika Proses selesai tinggal memindahkan file-file data tersebut ke penyimpanan yang dikehendaki.
Demikianlah cara untuk mengembalikan file data yang terhapus atau hilang pada memori card dan sejenisnya, selamat mencoba semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengembalikan File Data Pada Memori Card Yang Terformat"