Memahami Jenis-Jenis Keluaran/Source Film

Menonton film favorit dibioskop merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dilakukan bersama keluarga ataupun dilakukan bareng dengan teman-teman. Saat ini untuk menonton film berkualitas ataupun film-film terbaru tidaklah sesusah dulu yang mengharuskan kita berdesakan mengantri tiket diloket bioskop, tapi cukup dengan mengunduh film di internet kemudian memutarnya melalui LCD ataupun LED tv.

Adapun jenis-jenis source/keluaran film yang beredar bermacam-macam diantaranya kualitas CAM, DVDrip, HDrip, BDrip dan lain sebagainya, dan tahukah anda apa maksud dari istilah source tersebut.

CAM
Untuk film-film terbaru kualitas inilah yang lebih dahulu rilis, biasanya film bioskop direkam menggunakan kamera video digital, kualitas gambarnya masih sangat buruk, karena penempatan tempat duduk yang tidak slalu pas, kamera yang tidak menggunakan mini tripod sehingga sesekali gambar bergoyang, miring kekiri atau kekanan. tapi cukuplah jika hanya ingin mengobati rasa penasaran.
Selain gambar, suara dari versi cam juga sangat buruk, cenderung berisik karena diambil dari mikropon kamera dan sesekali terdengar suara tawa penonton.

DVDrip
Ini adalah hasil rip dari kepingan dvd original, yang biasanya keluar setelah dvd originalnya beredar, kualitas gambar dan suara yang dihasilkan cukup bagus daripada anda harus membeli dvd bajakan. biasanya berformat AVI ataupun MP4. DVDrip adalah versi terakhir yang biasanya menggantikan salinan sebelumnya yang mungkin telah beredar lebih dahulu.

HDTV
Adalah hasil rekaman dari siaran tv high divinition, resolusinya 3/4 dari aslinya, lebarnya didownsampling dengan resolusi 720p. yang biasanya diconding menjadi 360p cukup baik jika diplay pada tv berlayar kecil 14-24 inchi, namun gambar akan terlihat pecah jika diplay pada tv berlayar lebar.

HDrip, WEB-DL,
Ini adalh film atau acara tv yang diunduh secara online melalui situs distribusi seperti iTunes, kualitasnya cukup baik karena biasanya langsung diekstrak dari file iTunes kedalam wadah MKV 720p dan 1080p tanpa mengurangi kualitas film tersebut.

WEBrip
Adalah file dari layanan streaming DRM-free, seperti Crunchyroll atau WWE Network. Kualitas sebanding dengan WEB-DL, dengan bitrate lebih rendah untuk menghemat bandwidth streaming. File tersebut akan diambil dari protokol RTMP dan losslessly remuxed dari MP4 atau wadah FLV ke MKV.

BDRip/Blueray
Sebuah encode XviD langsung dari sumber Bluray disk. biasanya berupa file MKV dirilis dalam resolusi 720p dan 1080p, kualitas bisa dikatakan lebih baik dari dvd original, gambar yang bersih dan tidak akan pecah meski diputar atau diplay pada tv berlayar lebar.
Keluaran suaranya juga sangat bagus, dan biasanya yang 1080p mendukung audio 5.1 chanel, namun tentu saja dengan bitrate yang lebih tinggi, ukuran dari kedua file ini sangat besar mulai dari 740 megabyte hingga ada yang mencapai 2 gigabyte bahkan lebih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Jenis-Jenis Keluaran/Source Film "

Post a Comment