Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Berbelanja Online

Belanja online semakin hari semakin digemari, terbukti dengan banyaknya toko-toko online atau yang biasa kita kenal dengan sebutan online shop bertebaran di internet, harus diakuai bahwa sedikit banyaknya kita merasa terbantu dengan adanya toko-toko online tersebut.

Disamping kemudahan yang ditawarkan, kita juga harus pintar-pintar dan tetap waspada dalam menyikapi hal ini, karena tidak sedikit orang yang menjadi korban penipuan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan memamfaatkan situasi ini, tentu saja dampaknya akan merugikan pembeli dan juga menghancurkan kepercaan bagi pelapak-pelapak yang amanah. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berbelanjalah melalui situs-situs jual beli online yang sudah terpercaya, sekarang ini sudah banyak marketplace yang siap menjembatani antara pelapak dan pembeli. dengan catatan kita harus tetap jeli dan teliti, karena biasanya pelapak akan menulis deskripsi produk mereka semenarik mungkin agar kita tertarik untuk membeli.

Selain marketplace banyak juga pelaku toko online yang berdiri sendiri, umumnya mereka menawarkan atau menjual produk mereka melalui media sosial seperti Instagram, BBM, Facebook, hingga blog website. Yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk bertransaksi melalui toko online seperti ini adalah, menelesuri riwayat penjualannya dan juga seberapa banyak komentar atau feedback positifnya, biasanya pelapak akan membuat sebuah album atau laman testimoni serta bukti-bukti transaksi mereka. 

Perhatikan atau bila perlu tanyakan secara detail produk yang akan dibeli untuk memastikan kalau produk tersebut sesuai dengan yang kita harapkan. Jangan tergoda produk yang katanya original tapi harga berbeda jauh dengan harga yang ada dipasaran jika tidak ingin mengalami kekecewaan.

Sebelum bertanya sebaiknya biasakan membaca dan memahami terlebih dahulu. Bertanya sebelum memahami akan membuat kita terlihat kurang teliti, hal ini bisa dijadikan kesempatan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui dengan iming-iming yang bisa membuat kita terjebak dari jawaban pertanyaan kita sendiri yang belum tentu benar.

Mintalah setidaknya dua nomor rekening dari Bank yang berbeda, umumnya pelaku toko online memiliki lebih dari satu rekening berbeda dengan nama yang sama. Kita patut curiga jika nama pada rekening yang satu berbeda dengan nama rekening lainnya, serta pelapak yang terkesan memaksa kita untuk segera melakukan transfer.

Terakhir mintalah resi bukti pengiraiman agar nantinya bisa kita cek untuk mengetahui keberadaan paket atau kiriman kita. Jika kita memperhatikan hal-hal diatas bukan berati 100% aman, tapi setidaknya bisa mengurangi resiko terjadinya penipuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Berbelanja Online"

Post a Comment