Mengintegrasikan Font Aksara Lontara Pada Office Word

Indonesia adalah Negara Kepulauan yang kaya akan keberagaman Budaya dan adat-istiadatnya, setiap Pulaunya didiami oleh bermacam-macam Ras/Suku. Tiap suku memiliki adat-itiadatnya sendiri, serta bahasa mereka masing-masing. Adapun Huruf tradisional yang digunakan oleh suku-suku terdahulu untuk menulis disebut Aksara, seperti Aksara Rencong di Sumatera misalnya, Aksara Jawa di Jawa, dan masih banyak lagi aksara-aksara yang lainnya.

Lontara merupakan Aksara tradisional suku Bugis-Makassar, yang pada tahun 80an Lontara masih diajarkan kepada siswa di Sekolah-sekolah Dasar dengan nama mata pelajaran Aksara Lontara. Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan mata pelajaran ini sudah tidak pernah diajarkan lagi, atau mungkin sudah dihapuskan, yang berarti bukan tidak mungkin untuk generasi-generasi berikutnya sama sekali tidak mengenal apa itu Aksara Lontara.

Dahulu Aksara Lontara digunakan untuk menulis berbagai macam dokumen, seperti surat perjanjian, hukum, dokumen perdagangan, hingga untuk berkirim kabar melalui surat untuk saudara atau kerabat yang berjauhan tempat tinggalnya. Dokumen-dokumen tersebut biasa ditulis didalam buku dan ada juga yang ditulis diatas daun lontar yang dalam bahasa Bugis disebut lontara.

Di zaman modern sekarang ini, jangankan diatas daun lontar, menulis dikertas atau dipapan tulis saja kita rasanya berat... Kenapa?
Karena semua sudah serba canggih, kita hanya perlu memainkan jari tangan kita diatas keyboard maupun layar smartphone, cukup satu kali klik kita sudah bisa mengirim pesan, berbicara bahkan bertatap muka menggunakan call video dengan keluarga dan kerabat yang ada di perantuan atau sebaliknya.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, dan sudah banyak grup yang sengaja dibuat khusus sebagai wadah berkumpulnya orang-orang Bugis-Makassar baik yang ada di perantauan, maupun yang tinggal dikampung halaman untuk saling berbagi cerita-cerita, yang biasanya berinteraksi kesesama anggota menggunakan bahasa daerah. Jika sudah demikian kenapa kita tidak mencoba berinteraksi memakai aksara tradisional lontara, setidaknya untuk melestarikan warisan dari nenek Moyang kita.

Tidak susah, kita hanya perlu mengintegrasikan aplikasi Lontara pada keyboard komputer/Laptop kita.
Kunjungi www.unhas.ac.id/arab > E-Learning > Aksara Lontara > Pilih file PDF Integrasi Aksara Lontara Dengan Aplikasi Lain, setelah terunduh kemudian Ekstrak file rar tadi, klik kanan pada file kemudian klik Ekstract Here.
Folder baru akan muncul dengan nama Lontara_Yusring, double klik pada folder tersebut untuk membuka, pilih file dengan nama damase_v.2 dan Lontara secara bersamaan kemudian klik Install.
Tahapan selanjutnya adalah membuka folder "yusring" yang ada diatas kedua file tersebut tadi, cari menu Setup klik kanan, kemudian klik Run as administrator untuk menginstal.

Setelah terinstal, langkah selanjutnya buka Office Word, klik pilihan font, pilih font baru tadi berupa huruf Lontara sebagai karakter input. Jika semua langkah-langkah diatas sudah diikuti dengan benar, seharusnya anda sudah bisa menulis kata menggunakan font Lontara.

Mengunakan Karakter Lontara di Media Sosial pada Browser Mozilla Firefox.
Buka browser mozilla firefox anda terlebih  dahulu, klik options pada bagian bawah browser atau menu dipojok kanan atas selanjutnya pada menu sebelah kiri, klik Content > Default font, hingga ketemu font MPH 2B Damase lalu pilih sebagai karakter input, simpan perubahan, silahkan buka facebook anda dan lihat hasilnya.

Keyboard
Adapun yang perlu diingat sebelum menggunakan karakter Lontara_Yusring, pastikan bahasa keyboard komputer adalah bahasa Indonosia (IN).

Image by Yusring
Susunan abjad nya kurang lebih sama saja untuk vocal A I U O hanya saja jika mengetik  vocal E misalnya ingin menulis memo harus mendahulukan  mengetik huruf  E sebelum mengetik huruf M, tekan Shift jika anda ingin menemukan karakter lain, fungsi keyboard akan berubah seperti terlihat pada gambar.

Demikianlah cara mengintegrasikan aplikasi Lontara pada keyboard laptop atau komputer, semoga bermamfaat, selamat mencoba dan tetaplah bangga dengan bahasa dan budaya kita sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengintegrasikan Font Aksara Lontara Pada Office Word"

Post a Comment