Cara Menggabungkan Ejaan Lontara Menjadi Sebuah Kalimat

Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara mengintegrasikan font Lontara pada office word. Di kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara menulis atau menyusun kata/ejaan Lontara hingga menjadi sebuah suku kata ataupun kalimat. Bagi senior-senior yang yang lebih tinggi ilmunya abaikan tulisan ini, bagi yang belum tau dan  ingin tau mari kita belajar sama-sama.

Huruf pada Aksara Lontara terdiri dari ejaan-ejaan hidup seperti A KA BA PA MA MPA NKA GA dan seterusnya, menggabungkan dua huruf saja akan membentuk satu suku kata atupun kalimat, misalnya jika menggabungkan ejaan  A dan GA akan menghasilkan kata AGA, ejaan KA RA BA dengan menambahkan tanda baca pada ejaan RA akan mengahsilkan kata Kareba, jika digabung akan terbentuk sebuah kalimat Aga Kareba yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Apa Kabar.

Penggunaan Tanda Baca
Tambahkan tanda baca untuk merubah vokal ejaan, misalnya ejaan A menjadi vokal U E O, atau ejaan KA menjadi vokal KI KU KE KO. Biar lebih mudah mari kita lihat contoh dibawah 

Kalimat Taro Ada Taro Gau dihasilkan dari gabungkan ejaan TA RA A DA GA  Atau kalimat Sompe Temmaradde' Uwala Elokkelong adalah gabungan huruf atau ejaan SA MPA TA RA A KA dengan menaambahkan tanda baca sesuai kebutuhan seperti contoh pada gambar.

Bagaimana cukup mudah ya, saya rasa sampai disini teman-teman sudah bisa memahami, serta bisa membuat kalimat sendiri sesuai keinginan, dan bisa membaca surat-surat kuno (Mana') peninggalan nenek  atau orang tua masing-masing.

Yang terpenting adalah secara tidak langsung kita turut serta melestarikanbudaya dan bahasa kita.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menggabungkan Ejaan Lontara Menjadi Sebuah Kalimat"