RU Pada Sistem Tracking Resi Pengiriman JNE

Bagi yang biasa belanja online dan menggunakan jasa pengiriman JNE, pastinya sudah akrab dengan istilah-istilah yang ada dalam sistem tracking resi pengiriman seperti :
  • Manifested > yang berarti paket sudah terdaftar dan siap diberangkatkan kekota tujuan.
  • Recived On Destination > Paket sudah tiba dikota tujuan dan sedang dalam proses diantar ke alamat.
  • On Process > Artinya masih dalam proses.
  • Delivered > Paket atau kiriman sudah diterima, biasanya tercantum nama penerima.
  • AU > Singktan dari Antar Ulang, sudah diantar ke alamat tapi mungkin rumah kosong atau telepon penerima tidak bisa dihubungi.
  • Misroute > Kurir salah mengambil rute pengiriman seharusnya kekota A tapi malah kekota B atau mungkin juga alamat kurang jelas.

Diatas adalah beberapa istilah-istilah yang sudah tidak asing lagi yang sering kita temukan, namun pernahkah anda menemui istilah RU? Seperti yang pernah saya alami berikut ini :
Saya memang selalu menggunakan jasa pengiriman JNE jika membeli sesuatu secara online, karena kebetulan dekat dengan tempat saya tinggal, jadi jika kurirnya over load, bisa saya jemput sendiri. Namun suatu hari saya bingung ketika melihat status kiriman saya RU TO CGK 8000033xxxxx Undel, saya coba tracking nomor yang tertera tersebut hasilnya seperti dibawah ini :
Pengirim : Comail
Alamat : Nama Kota Saya
No Resi : 8000033xxxxxx 
Service : CML
Tanggal : xx/03/2017
Tujuan : RU TO CGK

Processed At Sorting Center [kota saya]
Received At Warehouse [Jakarta]
Delivered To [nama (Undel)

Saya coba tanyakan ke CS JNE, katanya paket masuk Box Undel dan dikirim kembali kekota asal untuk diproses kirim kembali kekota tujuan, dengan alasan kemungkinan ada kesalahan penulisan kota/kabupaten, biasanya prosesnya akan memakan waktu satu minggu atau bahkan lebih.
Karena status sudah diterima dikota asal, jadi saya coba menghubungi sipengirim untuk menanyakan, tapi jawaban JNE setempat sudah dalam proses pengiriman kembali kekota tujuan. setelah sekian lama menunggu akhirnya seminggu kemudian datang juga paketnya dengan selamat.

Jadi jika teman-teman menemukan istilah RU dalam sistem tracking, kemungkinan kasusnya sama seperti yang saya alami, tidak perlu cemas karena paketnya aman, tapi harus sabar menanti karena yang seharusnya estimasi 2_3 hari menjadi lebih lama, bisa satu minggu atau bahkan dua mingguan maksimalnya, karena mungkin prosedurnya memang harus dikembalikan kekota asal dulu kemudian baru dikirim kembali.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "RU Pada Sistem Tracking Resi Pengiriman JNE"

  1. Saya jg mengalami hal tersebut. Karna ada kesalahan penulisan kelurahan oleh seller, saya sebagai penerimanya. Setelah lapor ke CS JNE dan di follow up, status kiriman saya sudah berubah berupa resi. Ketika saya cek sudah sampai di kota saya dan layanan berubah menjadi CML dgn berat paket menjadi 15kg (padahal di resi sebelumnya cuma 1kg). Kira2 apakah paketnya bisa diambil sendiri di cabang tidak ya?

    ReplyDelete
  2. Sy juga gtu servis CML,,bingung ya,,knapa gak langsung ajah dikirim ke tujuan gak perlu dikirim ke alamat asal supaya gak terlalu lama nunggu,,kasian paketnya muter muter

    ReplyDelete