Cara Mutasi dan Alur Pembuatan SIM B2 Umum serta Biaya Pengurusannya

Ini adalah pengalaman pribadi saya ketika mutasi SIM B2 umum.
11/11/2016 adalah tanggal masa berlaku sim saya habis, sempat bingung juga karena alamat pada SIM dan KTP saya tidak sama, kata teman-teman sih ribet urusannya.

5/10/2016 saya coba mendatangi Satpas Polres dimana saya membuat SIM lima tahun yang lalu, untung-untungan aja kalau gak bisa ya mau bagaimana lagi jika prosedurnya memang seperti itu.
Singkat cerita setibanya disana saya langsung ke bagian mutasi yang kebetulan pada saat itu lagi sepi jadi saya bisa langsung masuk tanpa harus ngantri.

Saya coba bertanya pada bapak yang bertugas dibagian ini :
Maaf Pak, SIM B2 saya desember ini akan habis masa berlaku nya, saya mau Perpanjang tapi berhubung saya sudah pindah dominsili, SIM dan KTP saya yang sekarang berbeda alamatnya. 
Pak Polisi  : Cabut berkas simnya dulu disini, kemudian perpanjangannya di Satpas kota sesuai dengan alamat KTP yang sekarang, berhubung saat ini sistem lagi gangguan surat mutasinya tidak bisa selesai hari ini, berkasnya ditinggal aja, nanti dihubungi jika sudah selesai. 
 Berkas-berkas yang harus disiapkan :
- Copy SIM 3 lembar
- Copy KTP 3 lembar
- Materai 1 lembar
- Karena KTP nya masih sementara sertakan Copy KK 1 lembar.

Kebetulan Kartu Keluarga saya bawa serta jadi gak perlu balik kekota tempat saya tinggal yg jaraknya lumayan jauh ( 30_40 mnt). Selang lima hari kemudian salah satu stasiun TV memberitakan bahwa server SIM sudah bagus dan pelayanan sudah normal seperti sebelumnya. Karena sudah gak sabaran keesokan harinya saya langsung berangkat mengecek surat mutasi sim saya, yang ternyata belum selesai. Akhirnya saya memutuskan untuk menunggu dihubungi saja.

Pada Sabtu, 20/10/2016 atau dua minggu setelahnya ada juga sms penyampaian kalau surat mutasinya sudah selesai.
Tepat pukul 13:00 sepulang dari mengambil surat mutasi saya sempatkan untuk mampir ke satpas dimana saya akan mengurus perpanjangan, tapi kata Bapak yang bertugas kembali besok aja pagi-pagi karena pendaftaran untuk hari ini sudah tutup, disiapkan aja dulu berkasnya sebagai berikut :
- Pas Photo ukuran 3x4  3 lembar
- Copy KTP  3 lembar
- Psikologi dan surat keterangan sehat 

Jum'at, 21/10/2016 Pagi-pagi sekali jam 6:30 sudah meluncur dan langsung menuju kebagian Psikologi. setelah 30 menit menunggu akhirnya datang juga mbak-mbak yang bertugas dibagian ini. Masing-masing pemohon diberikan selembar kertas yang berisi total biaya keseluruhan, kalau saya gak salah ingat untuk sim B, B1 dan B2 seperti ini :
- Psikologi 230.000
- Simulator. 50.000
- Biaya SIM 80.000 (untuk perpanjangan) 120.000 ( jika naik tingkat)

Karena biayanya kurang lebih aja, saya putuskan untuk naik tingkat aja ke B2 Umum.
Selesai Psikologi saya langsung menuju ke bagian Simulator yang terletak di bagian belakang bangunan Polres, rupanya sudah banyak pemohon yang terlebih dahulu menunggu, beberaapa dari mereka sudah beberapa kali mengulang karena tidak lulus. Isi Formulir kemudian nunggu giliran. Grogi juga rasanya ditontonin banyak orang, tapi Alhamdulillah saya lulus kata komputer nya. Disini kita bayar 50rb untuk menebus sertifikatnya.

22/10/2016 Pagi sebelum Jam 7 saya sudah tiba di satpas dengan harapan mendapat antrian pertama, tapi ternyata diruang tunggu sdh banyak pemohon lain yang lebih dulu menunggu. 8:30 akhirnya tiba juga giliran saya, bayar 120rb (Peningkatan Golongan), kemudian langsung antri didepan ruang pengambilan photo, setelah photo kembali nagmbil berkas keloket  tadi.

Karena peningkatan golongan dari B2 ke B2 Umum, dari sini saya diarahkan ke ruang uji teori untuk mengikuti ujian teori, dalam hati kalau soalnya masih seperti 5 thn lalu, pilihan jawaban nya benar atau salah saya yakin lulus. Ternyata sistemnya sudah upgrade pilihan jawaban bukan B-S lagi, tapi pilihan ganda  A B C, soal-soalnya pun terlalu spesifik menurut saya, (minimal 21 yang terjawab dengan benar baru dinyatakan lulus). 

Berikut adalah 2 contoh pertanyaannya :
  1. Mengendarai kendaraan bermotor dijalanan, jika ada pemeriksaan, maka pengendara wajib menunjukkan SIM dan STNK seperti yang tertuang Pada UU ( silahkan pilih jawaban UU No brp Pasal brp.
  2. Mengemudikan truk gandengan di jalan primer kelas III A, batas kecepatan maksimum dan berat kendaraan yg di perbolehkan adalah....

Ujian teori yang pertama saya gagal dengan nilai 16, dan diberikan tenggang waktu 1 munggu untuk bisa kembali mengulang. Ujian keduapun saya juga gagal dengan nilai 17, saya coba tanyakan ke Bapak yang bertugas dibagian ini apakah boleh sebulum tanggal yang ditentukan saya datang kembali,, jawaban Beliau silahkan datang aja kita coba input datanya kalau bisa akan saya panggil.
Tiga hari kemudian saya coba datang dan setelah menunggu beberapa saat ternyata nama saya pun dipanggil, ujian ketiga gagal dengan nilai 16, ujian keempat 20, saya gagal sebanyak empat kali.

Belajar dari kegagalan diatas, saya coba browsing cari tau UUD lalu lintas, dan kembali mengulang pada tanggal 18/11/2016 dan berhasil lulus dengan nilai 24. Kemudian lanjut kebagian ujian praktek, setor berkas kemudian tunggu giliran.

B2 Umum
Testnya maju zigzag melewati 8 patok, kemudian mundur zigzag 8 patok kembali ke tempat start, menabrak/ menyenggol patok sebanyak 2 kali dinyatakan gagal. ( 1x masih dinyatakan lulus) mobil yang digunakan Daihatsu Terios & Grandmax kalau gak salah, jika ingin menggunakan mobil sendiri juga boleh asal nasih sesuai kategori. Saya berhasil lulus walaupun sempat menyenggol patok terakhir  saat maju. Akhirnya Setelah berkas saya di stempel sana stempel sini, kemudian diarahkan langsung masuk ke loket pengarsipan, setor berkas tunggu 10 menit akhirnya SIM B2 Umum saya pun jadi juga. Dalam hati ada rasa kepuasan tersendiri mendapatkan SIM melalui jalur legal.

Tips buat teman-teman yang berencana akan mengurus SIM, ada baiknya sobat buka-buka dulu UU LLAJR, dan yang paling penting latih ketrampilan berkendara anda, karena menurut saya buat pemula maju/mundur zigzag melewati 8 patok bukanlah hal yang mudah.
Ditiap daerah mungkin testnya berbeda misalnya maju/mundur dijalan sempit, parkir paralel, parkir seri, berhenti ditanjakan, maju mundur zigzag. Dan jika gagal jangan ragu/malu untuk kembali mengulang,,, bagi sobat yang mau mutasi tidak susah asal berkas nya lengakap.(mungkin saat ini lebih mudah karena sistem sudah online).

Demikianlah pengalaman pribadi saya dalam mendapatkan SIM B2 umum.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mutasi dan Alur Pembuatan SIM B2 Umum serta Biaya Pengurusannya"